BANK SYARIAH….. APA YA?

April 3, 2009 at 4:35 am 1 comment

Selayang pandang tentang bank syariah ……..

Indonesia sebagai Negara muslim terbesar di dunia mulai mengimplementasikan system Islamic banking dalam dunia perbankan. Muncul istilah baru dalam dunia perbankan nasional yaitu bank syariah.

Bank syariah atau bank islam merupakan salah satu bentuk dari perbankan nasional yang mendasarkan operasionalnya pada syariat (hukum) islam. Menurut schaik (2001), bank islam adalah sebuah bentuk dari bank modern yang didasarkan pada hokum islam yan sah, dikembangkan pada abad pertama islam, menggunakan konsep berbagai risiko sebagai metode utama, dan meniadakan keuangan berdasarkan kepastian serta keuntungan yang ditentukan sebelumnya.

Schaik (2001) mengemukan bahwa terdapat tujuh prinsip ekonomi islam yang menjiwai bank syariah yaitu :

1. Keadilan, kesamaan, dan solidaritas

2. Larangan terhadap objek dan makhluk

3. Pengakuan kekayaan intelektual

4. Harta sebaiknya digunakan dengan rasional dan baik (fair away)

5. Tidak ada pendapatan tanpa usaha dan kewajiban

6. Kondisi umum dari kredit.

Bank syariah menetapkan laba nasabah melalui prinsip bagi hasil dimana nasabah tidak dijanjikan untuk memperoleh sejumlah bunga. Jika bank memperoleh sejumlah hasil atau laba maka nasabah akan memperoleh bagi hasil atau profit share.

Bank Indonesia sebagai bank sentral turut mengawasi dan membangun tumbuh dan berkembangnya bank syariah dengan baik. Adapun peraturan- peraturan yang terkait dengan bank syariah pada Peraturan Bank Indonesia No. 11/ 3 /PBI/2009 – Bank Umum Syariah antara lain: Peraturan Bank Indonesia tentang kelembagaan Bank Umum Syariah No.6/24/PBI/2004 mengalami penyempurnaan antara lain karena telah disahkannya UU No. 21 Tahun 2008 tentang Perbankan Syariah pada tanggal 16 Juli 2008, harmonisasi dengan ketentuan lainnya, dan memperhatikan masukan dari para stakeholders dalam rangka mendukung perkembangan bank umum syariah yang sehat dan tangguh. Untuk lebih lengkap dapat dilihat di site http://www.bi.go.id .

Bank syariah menjadi bank yang diminati oleh rakyat Indonesia. Hal tersebut di tunjukan oleh satu bank syariah terkemuka yang mempunyai nasabah 800.000 orang yang tidak dimiliki oleh bank konvensional.

Bank Syariah adalah lembaga finansial yang memiliki misi (risalah) dan methodology (manhaj) yang ekslusif, misi yang bukan sekedar ada pada jumlah nominal investasi tapi juga mencakup pada jenis, objek dan tujuannya itu sendiri. Adapun methodologynya adalah kerangka Syariat dan kaidah-kaidahnya yang bersumber dari ethika dan nilai-nilai Syariat Islam yang komprehensif dan universal.

Bank Syariah berfungsi sebagai sarana untuk mengumpulkan tabungan masyarakat dan mengembangkannya. Intinya bahwa Bank Syariah adalah lembaga yang berfungsi untuk menginvestasikan dana masyarakat sesuai dengan anjuran Islam. Tujuan utama dari implementasi Bank Syariah, yaitu menyatukan umat Islam, mengembalikan kekuatan, vitalitas, peran dan kedudukan Islam di muka bumi ini bisa tercapai.

Entry filed under: TUGAS KULIAH. Tags: .

PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NASIONAL

1 Comment Add your own

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

April 2009
M T W T F S S
« Mar   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Most Recent Posts


%d bloggers like this: