Perilaku Produsen dan Konsumen

March 27, 2009 at 7:19 am 1 comment

behavior of consumers and producers

Perkembangan dunia usaha saat ini telah membawa para pelaku konsumen Dunia usaha ke persaingan yang sangat ketat untuk memperebutkan konsumen. Dapat diketahui juga bahwa seorang produsen atau pengusaha dalam melakukan proses produksi untuk mencapai tujuan harus menentukan dua macam keputusan ; berapa output yang harus diproduksi dan berapa ? dan dalam kombinasi bagaimana factor-faktor produksi (input) dipergunakan? Dan untuk menyederhanakan dalam pembahasan secara teoritis , dalam menentukan menentukan keputusan tersebut digunakan dua asumsi dasar ; bahwa produsen atau pengusaha selalu berusaha mencapai keuntungan yang maksimum dan bahwa produsen atau pengusaha beroperasi dalam persaingan yang sempurna.

Perilaku konsumen harus bisa diketahui seperti beberapa hal berikut ini : Para marketer harus memahami segmentasi pelanggan, Para marketer harus memahami sosial-budaya dari kosumennya, Kemudian marketer harus memahami phsikologi konsumen, Untuk menghubungakan antara phsikologi konsumen dengan lingkungan sosial-budayanya para pemasar harus memahami komunikasi konsumen, dan Bagian terakhir yang harus dipahami marketer adalah Proses pengambilan keputusan pembelian.

Terkadang semakin banyak perusahaan yang sejenis maka semakin mudah masyarakat menentukan produksi/barang mana yang dibutuhkan oleh konsumen itu sendiri. Produsen suatu mie instan terkenal menenkan biaya produksi dengan memperkecil kuantitas mie dengan harga tetap.

Tetapi konsumen menyadari hal itu tapi tetap membeli Karena rasa enak dan harga tidak naik. Masyarakat juga tahu bahwa rasa juga terpenting dalam hal produksi dan banyak juga terpengaruh karena merek. Seperti yang diketahui banyak masyarakat membeli mie istant menyebut merek yang sudah familiar.

Kesimpulan dapat diketahui bahwa produsen memproduksi barang agar bisa dibeli oleh masyarakat yang membutuhkan. Dan masyarakat juga memiliki pilihan bahwa masyarakat yang berperilaku sebagai konsumen dia bisa mendapatkan barang seperti apa yang mereka inginkan dengan harga yang terjangkau. Dan produsen memenuhi kebutuhan tersebut.

Entry filed under: EKONOMI. Tags: .

Pasar Barang, Tenaga Kerja, dan Uang Pergeseran Penawaran dan Permintaan

1 Comment Add your own

  • 1. muhimmah khairah  |  September 30, 2010 at 3:43 am

    Perilaku Konsumennya??!!!!!!!

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

March 2009
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Most Recent Posts


%d bloggers like this: