SUSILO BAMBANG YUDHOYONO BICARA

February 26, 2009 at 8:53 am 1 comment

Akhirnya SBY Bicara

Jakarta, Rabu 25/02/2009. Akhirnya presiden Republic Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono. Menyatakan hal tentang kecaman dan juga dukungannya apa yang beliau lakukan selama 5 tahun ini. Bagaimana beliau melakukan tugas sebagai seorang kepala keluarga dan sebagai pemimpin Negara.

Apa yang dilakukannya SBY untuk menuju sebagai pemimpin ? Apa juga yang dilakukan pada saat SBY gagal pada pemilihan tahun 2001 ?

Ada beberapa hal yang telah dibicarakan “Akhirnya SBY Bicara”. Sepert halnya hubungan antara SBY dan JK dengan ada persaingan adanya RI 1 dan RI 2 ada ketidak harmonisan dan ada kalanya SBY menonjol dan ada kalanya JK yang menonjol. Ujar Najwa.Sebagian kalangan menyebutkan Ujar Najwa.

“ Saya tidak pernah dan tidak boleh memposisikan wakil presiden sebagai pesaing saya. Saya sebagai presiden oleh konstitusi diamanahkan untuk memimpin pemerintahan dan dalam pelaksanaan tugas saya dibantu oleh wakil presiden. Jadi apa yang saya lakukan selama ini justru untuk menjalankan tugas saya sebagai presiden. Disemua pemerintahan baik pemerintahan pusat ataupun pemerintahan daerah. Dan saya telah memberikan kebebasan ke JK untuk menjalankan tugas-tugasnya. Kalau masalah perbedaan-perbedaan pasti ada. Najwa coba dimanapun baca dinamika internal pemerintahan dimanapun AS ataupun di EROPA. Dalam sebuah keputusan ataupun kebijakan kalau telah diputus oleh persiden adalah suatu keputusan. Semua harus loyal dalam keputusan walaupun ada perbedaan antara SBY dan JK.” Ujar SBY.

Buyah Safii Arief mengatakan bahwa “JK IS THE RILL PRESIDENT”. SBY hanya menyatakan kekagetannya terhadap perkataan beliau. Capres manapn akan kaget dengan perkataan beliau. Dalam Pemilu dekat ini SBY hanya focus terhadap calon legislative DPR. Dan belum terlalu memikirkan halnya tentang siapa yang akan menjadi calon wakil presiden. Dan SBY juga mencari criteria wakil presiden sesuai dengan posisinya harus dengan integritas dan kapasitas. Tidak berarti dengan kata-kata militer-sipil atau Jawa-luar Jawa. Biar tak adalagi kata-kata yang membedakan.

SBY pun telah melakukan upaya untuk menjalin komunikasi dengan Megawati Soekarno Putri. Tapi hal ini belum juga terrealisasi. Dan SBY pun telah mengirim seorang meteri. Kemungkinan ada kekecewaan terhadap MGP terhadap tidak berhasilnya MGP pada saat pemilu tahun 2004. Tapi MGP menyatakan pada pendukung tapi MGP kurang suara.

SBY juga menyatakan bahwa kekalahan pada saat ikut calon wakil presiden. Tapi beliau menerima kekalahan yang telah dia dapati paa tahun 2001. Dan kemundurannya pada saat dibawah pimpinan MGP. SBY dianggap berkhianat. Tapi SBY menyatakan bahwa” saya melakukan semua seuai dengan proses yang akuntable. Dan sesuai dengan prosedur yang ada jadi saya tidak ada istilah “ menusuk dari belakang””.

Dan ada issue SBY pada saat tahun 2004 adalah sebagai calon wakil presiden. “Setiap seseorang berhak dalam mendapatkan peluang yang lebih baik tapi hal ini adalah wajar dalam politik. Dan setiap orang harus mengkalkulasikan peluang hal apa yang akan terjadi untuk kedepannya”.ujar SBY

“Pada saat MGP dan KH. Abdurahman Wahid, ada hal yang terjadi pada KH.A.W. Dan pemerintahan melakukan berbagai cara agar KH.A.W tetap bertahan”. Ujar SBY

Dan juga membahas tentang Sutiyoso, Wiranto, dan juga Prabowo. Dan mereka semua akan siap akan menjadi atau bersiap menjadi president. “ yang sebenarnya harus dilakukan oleh calon-calon itu adalah saya tidak bisa mengukur, tapi mereka sendiri yang mengukur dan bisa mengkalkulasi peluang untuk berhasil dalam pemilu yang akan datang”. Ujar SBY

SBY juga tidak merasa bersaing dengan kedatangan para bintang. Wiranto melakukan cara-cara dalam halnya iklan yang dilakukan untuk kemiskinan. Dan tak lain dengan Prabowo yang dianggap kuda hitam. Tapi SBY menyatakan semua berjalan dengan prosedur yang ada. Dan contohnya adanya “head to head” SBY dan MGP dengan akhirnya datangya si kuda hitam.

Sri sultan Hankubuwono juga menyatakan bahwa bersedia untuk menjadi presiden. “sultan memiliki hak politik, tapi sultan sebagai gubenur tinngi dan saya sebagai president, saya dipancing oleh banyak pihak untuk menanggapi komentar-komentar kata sultan. Tapi saya merasa sich karena sultan ada seorang gubernur. Dan sekarang bukan saatnya waktu pemilu calon presiden dan wakil presiden tapi saat ini adalah pemilu calon legislative”. Ujar SBY

Ada dari kalangan yang mnyatakan bahwa SBY hanya tebar pesona dan menjaga image. Pada saat saya tidak tuun kelapangan saya dikatangan sebagai pemimpin dibelakng meja. Ketika saya turun kelapangan saya membantu daerah saya dikatakan tebar pesona. Tapi dalam hal ini saya harus bisa memutus segala sesuatu hal dengan matang untuk kepentingan orang banyak” ujar SBY

Dan dapat digambarkan sikap seorang SBY buTuh kehati-hatian untuk rakyatnya sendiri. Karena pemerintah belum siap untuk memberikan kompensasi dan juga masyarakat miskin. Dan dia sangat mempertimbangkan apa yang harus dilakukan oleh SBY?

Dan dalam kehidupan keluarga SBY juga harus bisa membanding mana yang pentig itu yang didahulukan olehnya. SBY juga menyatakan bahwa apa yang beliau lakukan selama 5 tahun ini adalah menjalankan tugas dan juga kewajiban sebagai pemimpin Negara. Yang diantaranya beliau selalu memegang 3 prinsip :

1. Ibadah

2. Menerima perlakuan baik buruknya penilaian oaring lain

3. Amanah

Entry filed under: POLITICS. Tags: .

Presidential Election

1 Comment Add your own

  • 1. indra  |  April 6, 2009 at 6:23 am

    no comment

    Reply

Leave a Reply

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

February 2009
M T W T F S S
« Nov   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  

Most Recent Posts


