Dollar AS Menguat di Tengah Tingginya Inflasi

February 14, 2009 at 6:58 am Leave a comment

Dollar AS Menguat di Tengah Tingginya Inflasi

Kamis, 17 Juli 2008 | 07:14 WIB

NEW YORK,RABU – Dollar AS menguat terhadap euro pada Rabu (16/7) waktu setempat atau Kamis pagi WIB, di tengah berita laku inflasi AS pada Juni  naik paling cepat dalam 26 tahun terakhir, memicu spekulasi Federal Reserve kemungkinan menaikkan suku bunganya.

Mata uang tunggal Eropa berada pada 1,5821 dollar sekitar 2100 GMT, turun dari 1,5903 dollar pada akhir Selasa. Dollar juga naik terhadap mata uang Jepang menjadi 105,12 yen dari 104,63 yen pada Selasa.

Melambungnya biaya energi mendorong harga konsumen AS naik 1,1 persen pada Juni dari Mei menjadikan inflasi tahunan 5,0 persen, kata departemen tenaga kerja AS, mendorong sebuah peringatan bagi bank sentral dan meningkatkan kekhawatiran stagflasi.

Kenaikan bulanan  dalam indeks harga konsumen (IHK) departemen tenaga kerja AS paling tajam sejak Juni 1982, sementara IHK inti naik 0,3 persen, tanpa energi dan pangan yang menguat sejak Januari. Data inflasi tersebut memukul proyeksi para analis naik 0,7 persen dan naik 0,2 persen untuk inflasi inti.

Laporan itu menggaris bawahi kekhawatiran Federal Reserve tentang meningkatnya inflasi dan turunnya pertumbuhan — kombinasi berbahaya dari stagflasi — karena ekonomi sedang menghadapi pukulan sengit dari gejolak keuangan dan memburuknya krisis sektor perumahan dalam dekade ini.

Ketua Federal Reserve AS Ben Bernanke mengatakan Rabu, bahwa inflasi AS “terlalu tinggi” dan meminta dengan tegas bank sentral untuk fokus mengurangi kecenderungan tersebut. “Inflasi saat ini terlalu tinggi,” kata Bernanke dalam dua hari testimoni tengah tahunannya kepada Kongres, setelah data IHK dirilis.

“Dan itu menjadi prioritas utama dari Federal Reserve untuk menjalankan sebuah kebijakan yang berjalan membawa inflasi ke sebuah level yang dapat diterima (pantas) dengan stabilitas harga sebagai langkah kami ke depan,” kata dia.

Ketua Federal Reserve AS Ben Bernanke mengatakan, bahwa nilai dari dollar AS akan tergantung kepada kesehatan ekonomi AS. “Saya pikir dollar dalam jangka panjang benar-benar tergantung pada fundamental.”

“Kebijakan kami terpenting ke depan, dollar memiliki sebuah ekonomi kuat,” tambah dia.

The Fed adalah pemegang mandat penyedia “pertumbuhan kuat dan stabilitas harga.” kata Bernanke: “Keyakinan itu jika kami bekerja efektif untuk menerima itu secara obyektif, penguatan dolar dalam jangka menengah akan mencerminkan kesehatan dasar ekonomi.”

Ia mengatakan bahwa intervensi di pasar uang akan dilakukan “hanya jarang.” Tetapi berdasarkan kondisi pasar yang kacau, “beberapa langkah darurat dapat dibenarkan,” kata dia.

Bulan lalu, The Fed mempertahankan suku bunga utama federal funds tak berubah pada 2,0 persen setelah melakukan serangkaian penurunan, namun risalah yang dirilis Rabu dari pertemuan dewan kebijakan Juni mengindikasikan langkah berikutnya kemungkinan akan menaikkan suku bunga. “Dengan meningkatnya risiko inflasi dan ekspektasi inflasi, para anggota berkeyakinan bahwa kebijakan suku bunga berikutnya akan berubah, suku bunga fed funds akan naik,” kata risalah.

Dalam perdagangan terakhir di New York,  dollar berada pada 1,0176 franc Swiss, naik dari 1,0094 franc pada Selasa. Pound berada pada 1,9986 dollar, turun dari 2,0045 dollar.

* Dalam berita diatas dapat kita ketahui masalah yan g relevan didalamnya adalah masalah “ INFLASI”. Maka yang relevan adalah “9. Harga-harga Meningkat Jika Pemerintah Mencetak Uang Terlalu Banyak”.Didalam berita tersebut banyak hal yang berhubungan dengan tingkat laju inflasi yang terjadi di AS.

* Dari berita dapat juga disimpulkan Terjadinya peningkatan biaya energy mendorong konsumen. Dan peringkatan mendorong sebuah peringatan bagi bank sentral dan meningkatkan kekhawatiran stagflasi

Entry filed under: EKONOMI. Tags: .

Saham Wall Street Terimbas Tingkat Pengangguran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

February 2009
M T W T F S S
« Nov   Mar »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
232425262728  

Most Recent Posts


%d bloggers like this: