PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NASIONAL

April 7, 2009 at 9:06 am 3 comments

BAB III

PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NASIONAL

Sesuai dengan isi BAB III dinyataka bahwa Sebagai suatu ideologi bangsa dan negara Indonesia maka pancasila pada hakikatnya bukan hanya merupakan suatu hasil perenungan atau pemikiran seseorang atau sekelompok orang sebagai mana ideologi-ideologi lain didunia, namun pancasila diangakat dari nilai-nilai adat-istiadat, nilai-nilai kebudayaan serat nilai-nilai religius yang terdapat dalam pandangan hidup masyarakat Indonesia sebelum membentuk negara, dengan lain perkataan unsur-unsur yang merupakan materi (bahan) pancasila tidak lain diangkat dari pandangan hidup masyarakat Indonesia sendiri, sehingga bangsa ini merupakan Kuasa Materialis (asal bahan ) pancasila.

Sedangkan yang ditanyakan dalam hal ini adalah setuju atau tidak anda terhadap perubahan ideologi pancasila dengan ideology lain? Jelaskan! Berikan contoh kasus!

Indonesia juga menganut system yang demokratis (bebas) berarti masyarakat bebas memilih dan juga berpendapat. Ideology yang tepat untuk bangsa Indonesia adalah ideology pancasila. Menurut saya tidak perlu untuk merebuh ideology bangsa Indonesia. Tidak harus mengganti ideology apapun walaupun dari ideology agama ataupun ideology yang berbasis lainnya. Karena ideology bangsa Indonesia sudah mencakup ideology agama, kebudayaan dan lain-lain. Sesame umat dan memiliki kebudayaan kita harus menghargai dan menghormati sesama manusia. Dan tanpa adanya diskriminasi maupun kekerasan terhadap sesama.

Contoh pada kasus hal agama contohnya

IPDN, menanankan sifat kedisiplinan terhadap mahasisw/i (pamong praja) yang terdapat dalam institute tersebut. Padahal dalam halnya ideology pancasila telah dinyatakan bahwa tidak ada kekerasan yang terdapat didalamnya. Yang telah diberitakan dalam tahun 2007 dan juga terdapat pelecehan seksual yang telah diberitakan. Semua hal ini juga terdapatnya dalam ideology pancasila yang mengandung norma dan nilai yang tidak baik. Menanamkan sikap disiplin itu wajar, namun dengan kekerasan atas nama senioritas itu adalah pelanggaran yang tidak baik.

Jadi sebenarnya bukan ideology bangsa”Ideologi Pancasila” ini yang dirubah melainkan moral yang terdapat pada generasi dan juga masyarakat yang harus di ubah dan di perhatikan. Dan memiliki kesadaran yang terdapat didalam diri masing-masing. Ideology pancasila hanya butuh diterapkan pada masyarakat yang belum tahu arti dari ideology bangsa Indonesia ini.

About these ads

Entry filed under: PANCASILA. Tags: .

BANK SYARIAH….. APA YA? Pancasila Dalam Konteks Ketatanegaraan Republik Indonesia

3 Comments Add your own

  • 1. Listy  |  August 30, 2009 at 4:52 am

    setuju banget sama pendapat bapak.saya telah membaca semua tentang tulisan bapak.terima kasih atas bacaannya.thx

    Reply
  • 2. Hida  |  October 15, 2009 at 1:10 pm

    Btw nama Blognya kok g kliatan Z?Coale penting bgt,Gmn kita bs tw pendapat cp ne…………………………..
    And blog cp ne?
    Sekian trims,

    Reply
    • 3. DJ_ Yani  |  October 19, 2009 at 4:17 am

      NAMA blog saya cwebasket.wordpress.com

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

April 2009
M T W T F S S
« Mar   May »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Most Recent Posts


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: