PENGARUH VARIABEL MAKROEKONOMI TERHADAP KINERJA SAHAM PERTAMBANGAN MINYAK DAN GAS BUMI

March 6, 2009 at 5:34 am 1 comment

PENGARUH VARIABEL MAKROEKONOMI TERHADAP

KINERJA SAHAM PERTAMBANGAN MINYAK DAN GAS BUMI SEBAGAI EMITEN DI BURSA EFEK INDONESIA

Variable makro ekonomi yang terdiri dari dalam factor ekonomi makro yaitu adalah inflasi, suku bunga SBI, kurs dan jumlah uang yang beredar yang mempengaruhi kinerja saham saham petambangan minyak dan gas bumi. Dan variable yang sangat berpengaruh adalah variabel kurs.

Inflasi erat kaitannya dengan jumlah uang yang beredar di masyarakat. Adapun hal dapat dilihat suatu pengaruh dalam hal ini adalah uang. Uang adalah alat tukar, penyimpanan, welth, dan standard nilai dari standar nilai ini. Motivasi seseorang untuk mendapatkan uang itu adalah untuk transaksi, berjaga-jaga, dan spekulasi.

Uang beredar di masyarakat akan bertambah jika terjadi perubahan pengeluaran pemerintah, misalnya, kenaikan gaji pegawai negeri sipil yang tentu saja akan berpengaruh terhadap APBN. Jumlah uang beredar diatur dan dipantau oleh bank sentral suatu Negara, dalam hal ini Bank Indonesia sebagai stabilitas moneter pula. APBN dipengaruhi oleh devisa Negara, yang berkaitan dengan GNP (Gross National Product ) yang dijamin oleh SDR “Special Drawing Rights” (jaminan devisa Negara dengan satuan tertentu) dan supply dan demand pada pasar uang (money market). Supply dan demand pada pasar uang ditentukan oleh tingkat bunga. Tingkat bunga inilah yang ikut pula menentukan jumlah uang beredar di masyarakat. BI memiliki otoritas dalam hal ini. Setiap bank umum dan BPR mempunyai R/K pada BI (Reserve Requirement) sebesar 8% x deposit. Jika tingkat bunga pada pasar uang rendah, maka tingkat return pada pasar modal akan tinggi. Pasar modal terdiri atas saham yang return/keuntungannya berasal dari deviden (share profit antar pemegang saham) dan capital gain (selisih harga jual dan harga beli), obligasi (I %,tingkat persen diskontonya ), dan IHSG (persen returnnya).

Dalam pengaruh variabel makroekonomi terhadap kinerja saham pertmabangan minyak dan gas bumi adalah variabel kurs. Sedangkan kurs dipengaruhi oleh 2 hal yaitu : devisa dan supply-demand (money market ) dan setelah itu menahan uang yang ada didalam Negara (capital flight).

Manurung (1996) meneliti pengaruh variabel makroekonomi, investor asing dan indeks BEJ dengan menggunakan data triwulanan dan metode akar unit dan kointegrasi. Manurung menemukan bahwa variabel supply uang, tingkat bunga, kurs Rupiah terhadap US$, IHSG, pengeluaran pemerintah, PDB, deficit transaksi berjalan, indeks Strait Times dan indeks Dow Jones memiliki runtun waktu yang stasioner pada derajat I . Dan Bambang Hermanto (1998) mengatakan di dalam kondisi normal, variabel nilai tukar rupiah terhadap dolar AS dan variabel jumlah uang beredar mempengaruhi harga saham dan resiko saham.

Kinerja saham perusahaan pertambangan, ditentukan dalam satuan USD/barrel. Kurs Dollar Amerika memegang peranan di sini. Untuk saham BUMI, jika Rupiah menguat, permintaan akan Rupiah akan meningkat, dan memicu terjadinya inflasi, sehingga terjadi penurunan terhadap pengembalian yang mencapai 3,94% Terhadap indeks harga saham dunia. Maka kinerja saham minyak di Indonesia akan anjlok karena rendahnya tingkat return (pengembaliannya) karena menguatnya nilai rupiah.

Variabel inflasi berpengaruh terhadap tingkat pengembalian saham perusahaan minyak dan tambang. Karena jika inflasi meningkat, JUB akan meningkat, maka tingkat bunga pasar uang akan meningkat, dan return pada pasar modal akan turun. Kinerja saham perusahaan tambang dan migas juga akan turun.

About these ads

Entry filed under: EKONOMI. Tags: .

Presidential Election BANK SYARIAH

1 Comment Add your own

  • 1. Arles Ompusunggu  |  August 20, 2009 at 2:39 am

    Dear, all

    Kalau boleh saya minta artikel pdfnya untuk bahan penelitian dan penulisan saya mau membuat artikel yang sejenis.

    Terima kasih

    Salam

    Arles

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Calendar

March 2009
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Most Recent Posts


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: